Cerdas Mendunia!

Tuesday 24 April 2018

Belajar Coding Mudah Lewat HP


Coding atau bahasa pemrograman terkadang menjadi momok bagi mahasiswa. Akan tetapi, banyak juga mereka yang gemar coding. Dulu, untuk belajar coding biasanya diperoleh dari buku, maupun praktikum di lab. Seiring perkembangan zaman, coding bisa dipelajari secara otodidak melalui internet tanpa perlu buku. Hampir semua tema bahasa pemrograman tersedia di internet. Tetapi, belajar coding lewat internet pun tetap perlu software untuk berlating menulis dan running codingnya.

Sekarang, dengan semakin berkembangnya teknologi. Semakin menjamurnya smartphone, bahkan aplikasi di smartphone sekarang sudah hampir semua ada. Aplikasi kesehatan, pendidikan, game semua ada. Aplikasi untuk belajar programming pun ada. Salah satu aplikasi belajar programming terbaik, yang masuk nominasi editor choice di play store adalah Sololearn.



Solo learn, seperti namanya, artinya belajar sendiri atau otodidak. Dengan slogan, “everyone can code”. Solo learn bisa di buka melalui web maupun smartphone. Disini akan dibahas app Sololearn di smartphone karena lebih praktis. Selain praktis, sololearn juga lengkap terdapat 12 bahasa pemrograman yang dibahas meliputi: C++, Phyton 3, Java, JavaScript, C#, PHP, Swift, Ruby, jQuery, HTML, CSS, SQL.


Saya sendiri sudah mencobannya pada course C++. Terdapat step-step yang sangat jelas untuk belajar, dimulai dari basic concept, Conditionals and Loops, Functions dan lain – lain. Kemudian diakhir sesi akan terdapat challenges dan jika lolos akan mendapat sebuah setfikat. Setiap step, misal Basic Concept, didalamnya terdapat subtema lagi. Subtema yang pertama terbuka dan yang lain terkunci, subtema selanjutnya baru akan terbuka setelah kita menyelesaikan subtema pertama dan menjawab setiap quisnya. Bagitupula step – stepnya juga terkunci. Untuk bisa menuju step Conditionals and Loops kita harus selesai dari step Basic Concept terlebih dahulu.


              
Keunikan lainnya adalah, kita bisa running program contohnya melalui aplikasi di hp, tanpa perlu install software tambahan. Selain itu, terdapat pula forum diskusi sehingga pengguna dapat saling berdiskusi di seluruh dunia. Bahkan ada topic – topic khusus yang diunggah pengguna tentang pengembangan bahasa pemrograman seperti machine learning, data structures dan masih banyak lagi. Semakin penasaran dengan sololearn, silakan download aplikasinya di play store atau app store dan buktikan sendiri.


Ref: https://www.sololearn.com/
Share:

0 comments :

Post a Comment

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Powered by Blogger.

Flag Counter

Flag Counter